HEADLINE NEWS

On January 24, 2020

TERASVITA: Kata ini, "dicomot" dari kata Indonesia "teras", yaitu (salah satu__yang kami maksudkan) bagian depan rumah, biasanya antara dinding dan tempat jatuh air hujan dari atap rumah,  dan kata Latin "vita", yang secara harfiah diterjemahkan: Hidup.

Mendengar kata "teras", yang kami bayangkan adalah sebuah tempat di depan rumah kami. Saban waktu,  kami ngobrol di tempat tersebut. Di sana, ditemani kopi, kami membicarakan banyak hal: tentang masa lalu; tentang mimpi-mimpi; tentang berpeluh-peluh mencari nafkah; tentang harapan; dan tentang dunia yang kami lihat, alami, dan dambakan.

Sementara untuk kata "Vita/hidup", yang kami bayangkan adalah Tuhan (Sang Sumber Hidup), aku (yang menerima dan memaknai hidup), sesama (anugerah  yang dititipkan Sang Pemberi Hidup, rekan seperjalanan di jalan kehidupan,  teman bicara dan ngopi di teras, dll), bumi yang  kami pijak (tempat kita menjalani hidup dan merenangi zaman),  dan aneka ciptaan Tuhan (saudara kita dalam keterciptaan).

Gabungan dua kata tersebut__kira-kira dan "dipaksa-paksakan"___ kurang lebih berarti: (Dari/di) Teras (untuk/tentang) Hidup: Tentang Aku di Hadapan Tuhan,  Sesama, dan Dunia. Di "Teras Hidup"__bagi kami__aku yang memandang aku,  aku yang memandang Tuhan dan Tuhan yang memandang aku, Aku yang memandang sesama dan dunia, sesama yang memandang dunia,  menjadi peristiwa syukur dan berbagi. 

"(Dari/di) Teras (untuk/tentang) Hidup" menjadi semacam "Roh" dari ruang__"yang pintunya selalu terbuka untuk siapa dan kapan saja"__ini. Cerita-cerita sederhana di "teras kehidupan", kalau dikumpulkan lalu "dipecah-pecahkan", akan melegakan di satu sisi, dan di sisi lain mengabadikan, membangkitkan harapan,  memberikan arah baru, dll.

Kami membayangkan dan juga bermimpi, media ini menjadi locus bagi kami dan juga para sahabat untuk berbagi tentang peristiwa-peristiwa di "teras kehidupan" masing-masing atau bersama; tentang yang sudah berlalu, yang sedang dialami, dan yang diharapkan terjadi dalam pergumulan pribadi dan pergumulan hidup bersama,  entah dalam skala kecil maupun dalam skala besar. Singkat kata, berbagi tentang kegembiraan, "air mata", kecemasan, dan harapan.

"Ruang" ini memiliki beberapa kolom. Adapun kolom-kolom tersebut, antara lain: Peristiwa, Tokoh, Obral Ide, Sastra (Cerpen dan Puisi), Resensi, Rumpu-RampeGaleridan Catatan Perjalan.





Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *