HEADLINE NEWS

Paus Fransiskus: Ajaran Sosial Gereja Dasar untuk Menyelesaikan Masalah-masalah Dunia



Terasvita - Paus Fransiskus mengatakan, Gereja bukanlah ahli dalam krisis kesehatan global, tetapi Ajaran Sosial yang dimiliki oleh Gereja Katolik merupakan dasar untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dunia saat ini.
"Meskipun Gereja mengurus rahmat penyembuhan Kristus melalui sakramen-sakramen, dan juga menyediakan layanan kesehatan di tempat-tempat paling terpencil di planet ini, Gereja bukanlah ahli dalam pencegahan atau pengobatan pandemi," kata Paus Fransiskus dalam audiensi umum, Rabu 5 Agustus, seperti dilansir CNA.
Berbicara melalui live streaming dari perpustakaan Vatikan, mantan Uskup Agung Buenos Aires itu menyatakan bahwa Gereja “membantu orang sakit, tetapi Gereja bukan ahli. Gereja juga tidak memberikan petunjuk-petunjuk sosial-politik tertentu."
“Namun, selama berabad-abad, dan dalam terang Injil, Gereja telah mengembangkan beberapa prinsip sosial yang merupakan prinsip dasar yang dapat membantu kita bergerak maju, yang kita perlukan untuk menyonsosng masa depan,” lanjutnya.
Paus yang mengambil St. Fransiskus Assisi sebagai nama kepausannya itu juga berbicara tentang pentingnya iman kepada Yesus Kristus, yang menyembuhkan tidak hanya penyakit fisik, tetapi juga spiritual.
Dia menunjuk banyak kisah dalam Injil tentang mukjizat penyembuhan yang dilakukan Yesus selama pelayanan publik-Nya, termasuk penyembuhan orang lumpuh di Kapernaum, yang harus diturunkan melalui lubang di atap oleh teman-temannya.
Mengutip Injil Markus, Paus Fransiskus berkata, "Yesus, dengan memperhatikan iman mereka (orang-orang yang menggotong si lumpuh-red), berkata kepada orang lumpuh itu: Nak, dosa-dosamu telah diampuni."
"Dan karena itu, Yesus menyembuhkan orang lumpuh itu," kata Paus, "tetapi tidak hanya menyembuhkan kelumpuhan: Yesus mengampuni dosanya, membarui kehidupan orang lumpuh itu dan teman-temannya."
“Jadi, kita bertanya pada diri kita sendiri: bagaimana kita dapat membantu untuk menyembuhkan dunia kita hari ini? Sebagai murid Yesus, tabib jiwa dan raga, kita dipanggil untuk melanjutkan pekerjaan-Nya, yaitu karya penyembuhan dan keselamatan secara fisik, sosial, dan spiritual,” kata Paus Fransiskus, mengutip Katekismus Gereja Katolik.
Paus mengatakan, pekerjaan penyembuhan itu didasari pada prinsip-prinsip yang berkaitan erat yang ditemukan dalam Kompendium Ajaran Sosial Gereja, seperti prinsip penghargaan terhadap martabat manusia, kebaikan bersama, keberpihakan terhadap orang miskin, solidaritas, subsidiaritas, dan kepedulian terhadap bumi.
“Semua prinsip ini mengungkapkan, dalam cara yang berbeda, keutamaan iman, harapan, dan cinta,” jelasnya.
"Dalam beberapa minggu ke depan, saya mengundang Anda untuk bersama memecahkan masalah yang disorot selama pandemi ini, terutama penyakit sosial," katanya.
“Dan kita akan melakukannya dalam terang Injil, keutamaan teologis, dan prinsip-prinsip Ajaran Sosial Gereja. Kami akan mengeksplorasi bersama bagaimana tradisi sosial Katolik dapat membantu keluarga manusia untuk menyembuhkan dunia yang menderita penyakit serius ini," tutup Paus Fransiskus.)***
Rian Safio. Sumber: Catholic News Agency

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *