HEADLINE NEWS

Lawat ke Bari, Ini yang Disoroti Paus Fransiskus

Paus Fransiskus, pemimpin umat Katolik  seluruh dunia, dalam sebuah kesempatan pada Misa Natal 24 Desember 2018. Foto: BBC
Terasvita – Pemimpin Spiritual umat Katolik seluruh dunia, Paus Fransiskus, mengadakan lawatan ke Bari, Italia bagian selatan, Minggu, 23 Februari 2019. Lawatan itu dalam rangka menghadiri pertemuan para uskup dari seluruh lembah Mediterania.
Pada kesempatan itu, mengutip laporan Reuters, Paus asal Argentina menyinggung perihal konflik di kawasan Mediterania, baik di Afrika Utara maupun Timur Tengah. Terutama, Paus menyoroti proposal yang diajukan Presiden AS Donald Trump terkait konflik Israel-Palestina.
Paus dengan nama asli Mario Jorge Bergoglio itu, menilai, pentingnya mencari solusi yang adil bagi kedua belah pihak. Solusi yang dihasilkan semestinya tidak menguntungkan pihak tertentu dan menindas bahkan menghancurkan pihak yang lain. Solusi yang tidak adil, kata Paus, hanya akan menimbulkan konflik baru.
“Wilayah Mediterania saat ini terancam oleh merebaknya instabilitas dan konflik, baik di Timur Tengah maupun di berbagai negara di Afrika Utara, juga antara berbagai etnis, agama dan jemaah. Apakah kita mengabaikan konflik yang belum selesai antara Israel dan Palestina, dengan bahasa solusi yang tidak adil, dan itu menjadi awal krisis baru,” ujar Paus Fransiskus, seperti dikutip Reuters.
Adapun soal kisruh antara Isreal dan Palestina semakin runyam dengan proposal yang diinisiasi Gedung Putih pada 28 Januari  2020. Proposal itu mengakui wilayah pemukiman Yahudi di Tepi Barat sebagai hak Israel. Selain itu, meminta pihak Palestina memenuhi sejumlah syarat dan menjadikan Yerusalem Timur sebagai ibu kota negara.
Proposal itu, oleh sejumlah pihak dan terutama Palestina sendiri dinilai hanya menguntungkan Israel. Pihak Palestina pun menolak hadir di Gedung Putih saat memaklumkan proposal tersebut dan memutuskan berhenti membangun hubungan diplomatik dengan As dan Israel. ***
Rian Safio- dari berbagai sumber

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *